Click here for Myspace Layouts

Selasa, 14 Februari 2012

Profil Gerakan Pramuka UPI Serang


A.    SEJARAH  SINGKAT
Gerakan Pramuka  UPI Kampus Serang digagas pada bulan April 2001 dan mulai berdiri pada tanggal 28 Oktober 2001 dengan nama Dewan Racana Ki Mas Jong (Gugus depan 01283) dan Dewi Sartika (Gugus Depan 01284). Penggagas atau pendiri dari Gerakan Pramuka UPI Kampus serang ini antara lain ka Aan Supriyadi, Opan Sopyan, Hendra.
Satuan Putra
Satuan Putri
Dalam perjalanannya nama Dewan Racana untuk satuan Putri kemudian berganti nama menjadi Dewan Racana Ratu Aisyah. Sehingga nama Gerakan Pramuka UPI Kampus Serang  berubah menjadi Dewan Racana Ki Mas Jong (Gugus depan 01283) dan Ratu Aisyah (Gugus depan 01284) sampai sekarang.


B.     VISI DAN MISI
Visi :
“Mengembangkan Jiwa Kepramukaan yang berdasarkan kode etik”

Misi :
Gerakan pramuka UPI Kampus Serang Dewan Racana KI Mas Jong dan Ratu Aisyah memiliki misi :
1.      Menciptakan anggota Pramuka yang ber- IMTAQ dan ber- IPTEK.
2.      Menciptakan anggota Pramuka yang mampu menanamkan dan mengamalkan Trisatya dan Dasa Dharma.
3.      Menjalin solidaritas antar anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat.

C.    TUJUAN DAN FUNGSI
Tujuan didirikannya Gerakan Pramuka UPI Kampus Serang adalah wadah untuk mendidik dan membina mahasiswa UPI Kampus Serang guna mengembangkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga menjadi mahasiswa yang :
1.    Berwatak, berkepribadian, dan berbudi pekerti luhur yang:
a)    Tinggi moral, spiritual, kuat mental, social, intelektual, emosional, dan fisiknya
b)   Tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya
c)      Kuat dan sehat jasmaninya
2.    Berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi mahasiswa yang siap terjun di masyarakat, yang baik dan berguna yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan Negara, memiliki kepedulian terhadap sesame hidup dan alam lingkungan, baik local, nasional, maupun internasional.

Adapun Fungsi Gerakan Pramuka UPI Kampus Serang adalah sebagai Organisasi pendidikan nonformal, di luar perkuliahan, dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan potensi mahasiswa berlandaskan prinsip dasar kepramukaan, metode kepramukaan, dan motto gerakan pramuka yang pelaksanaannya dilaksanakan secara rutin dan teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar